Perkuat Eksistensi Matematikawan Indonesia, FMIPA Unpad Gelar Lokakarya

[Kanal Media Unpad] Departemen Matematika Fakultas MIPA Universitas Padjadjaran menyelenggarakan “The 4th Celebrating Women in Mathematics” dengan kegiatan Two Days Workshop on Systematic Literature Review and Application of R for Time Series Analysis pada Jumat (20/5/2022) dan Sabtu (21/5/2022).

“Workshop ini bertujuan untuk turut berpartisipasi dalam perayaan kontribusi para perempuan yang bekerja dalam bidang matematika, khususnya untuk menjalin kapasitas kerja sama penelitian yang lebih baik dalam bidang pemodelan stokastik secara khusus dan matematika secara umum,” jelas Ketua Pelaksana Dr. Diah Chaerani, M.Si dalam rilis yang diterima Kanal Media Unpad.

Lokakarya ini diselenggarakan atas kerja sama Departemen Matematika Unpad, Unpad, University of Agder Norway, RISE_SMA Consortium International, IndoMS, Ambassador CWM IMU for Indonesia, dan Studies Center of Modeling and Computation.

Diah mengatakan, kegiatan ini diikuti oleh 242 partisipan dari 32 provinsi di seluruh Indonesia. Para peserta sebagian besar berasal dari kalangan dosen, peneliti, mahasiswa S-1/S-2/S-3, juga terdapat peserta dari kalangan pemerintahan, kalangan industri, dan lainnya. 

“Workshop ini diharapkan dapat menghasilkan draf proposal riset kolaborasi mengenai teori dan aplikasi Analisis Time Series serta penerapannya dalam penyelesaian masalah SDGs khususnya pilar 13 tentang perubahan  iklim, analisis media sosial di era big data dan topik lainnya menggunakan open source R,” ungkap Diah.

Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Dekan FMIPA Unpad Prof. Dr. Iman Rahayu, M.Si, . Menurut Prof. Iman, acara ini merupakan salah satu bagian kegiatan FMIPA Unpad dalam rangka internasionalisasi departemen dan program studi.

Sementara itu Ketua Departemen Matematika Unpad, Dr. Ema Carnia, M.Si. dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan ini mendukung IKK Departemen untuk membangun jejaring internasionalisasi departemen. 

Pada kesempatan tersebut, Presiden Indo-MS Prof. Dr. Indah Wijayanti, M.Si. menggarisbawahi pentingnya kegiatan ini terkait dengan eksistensi matematikawan Indonesia.

Eksistensi ini terutama dalam kancah kerja sama internasional, khususnya dalam jaringan Committee for Women in Mathematics International Mathematical Union (CWM IMU) yang dibangun oleh Ambasador CWM IMU for Indonesia dari Universitas Padjadjaran, Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, MS.

Pada workshop hari pertama, peserta mendapatkan pemaparan materi dari Agder University Norway, Dr. Jaziar Radianti yang merupakan salah satu associate professor dengan bidang riset Emergency/ Disaster Management, Serious Game, Simulation and Modeling Cyber Security and Privacy.

Hari kedua workshop berfokus pada tema utama Recent Research in Time Series Analysis  yang disampaikan oleh Guru Besar bidang Pemodelan Stokastik Departemen Matematika FMIPA Unpad Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, MS.

Penyampaian materi ini didukung juga oleh  peneliti dari Pusat Riset Sains Data dan Informasi (PRSDI)  Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Devi Munandar, S.Kom., M.Mat yang menyampaikan materi mengenai PCA-VARI Model Development.

Selain itu, materi juga diisi oleh sejumlah lulusan Program Studi S-1 Matematika Unpad. Alumni yang berperan sebagai pemateri sejak menjadi mahasiswa telah dilibatkan dalam penelitian dosen pada KBK Pemodelan Stokastik di bawah bimbingan Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, MS;  Prof. Dr. Atje Setiawan Abdullah, MS, M.Kom. dan Dr. Dianne Amor Kusuma, M.Pd.(art)*

Silakan mencantumkan tautan/membuat hyperlink https://www.unpad.ac.id/2022/05/perkuat-eksistensi-matematikawan-indonesia-fmipa-unpad-gelar-lokakarya/ apabila mengutip konten berita ini.

Leave a Reply

File ZIP berhasil diunduh dan diekstrak.