Program Doktor Program Studi Matematika

Visi 
Menjadi Program Studi S-3 Matematika (Mathematics, Modelling, Optimization, and Data Science) yang memiliki keunggulan profesional dalam pengembangan ilmu dan teknologi melalui penelitian yang bersifat holistik, relevan dan mutakhir, serta diakui secara nasional maupun internasional di bidang matematika dan terapannya pada tahun 2026.

Misi

  1. Mengelola pendidikan program doktor Matematika yang menghasilkan lulusan yang mandiri, cerdas, berwawasan dengan penalaran yang luas di bidang matematika dan penerapannya baik secara nasional maupun internasional
  2. Menyelenggarakan pendidikan program doktor Matematika yang dapat mengikuti perubahan serta perkembangan IPTEK secara global dengan menghasilkan penelitian, publikasi serta disertasi yang berkualitas

Tujuan
Tujuan atau Program Educational Objective/PEO dari Program Studi S-3 Matematika (Mathematics, Modelling, Optimization, and Data Science) FMIPA Unpad adalah menghasilkan doktor matematika yang bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan berintegritas serta mempunyai kemampuan (competences) untuk:

  1. Menghasilkan teori, metode baru dalam bidang matematika dan terapannya.
  2. Melaksanakan pengajaran, pembimbingan serta pelayanan profesi dalam bidang matematika dan terapannya.
  3. Melaksanakan penelitian dan diseminasinya dalam bidang matematika dan terapannya.
  4. Mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni (IPTEKS) secara terus menerus khususnya bidang matematika dan terapannya sesuai kebutuhan masyarakat.

Program Studi Doktor Matematia terdiri atas  Bidang Minat yaitu:

  • Matematika Murni
  1. Analisis dan Geometri
  2. Aljabar
  • Matematika Terapan
  1. Matematika Riset Operasi dan Pemodelan Optimisasi
  2. Pemodelan Stokastik dan Data Science
  3. Matematika Biologi
  4. Matematika Keuangan

Kompetensi Lulusan  :

Deskripsi Generik (Rumusan Umum) KKNI Level 9 (Program Doktor / S-3)

KKNI-1 Level 9(PS S3):Mampu mengembangkan pengetahuan, teknologi, dan atau seni baru di dalam bidang keilmuannya atau praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji.
KKNI-2 Level 9(PS S3):Mampu memecahkan permasalahan sains, teknologi, dan atau seni di dalam bidang keilmuannya melalui pendekatan interdisipliner, multi-disiplin, dan transdisipliner.
KKNI-3 Level 9(PS S3):Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset dan pengembangan yang bermanfaat bagi ilmu pengetahuan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

Capaian Pembelajaran Program Studi S-3 Matematika

  • Sikap
  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
  5. menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. bekerjasama dan memiliki kepekaansosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik;
  9. menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dibidang keahliannya secara mandiri;
  10. menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  • Penguasaan Pengetahuan
  1. Menguasai Filsafat Matematika dan keilmuan matematika pada bidangnya hingga perkembangannya yang terkini, termaju, dan terdepan (recent/latest, anvanced and frontier), serta penerapan teori disiplin lain yang relevan.
  2. Mempunyai kecakapan Literature Review, dan terlibat dalam penemuan sistematis dan tinjauan kritis dari sumber informasi yang tepat dan relevan
  3. Menulis Karya Ilmiah secara Mandiri secara komprehensif dalam bentuk disertasi dan karya ilmiah yang diterbitkan dalam prosiding atau jurnal.
  • Keterampilan Khusus
  1. Mampu melakukan penelitian untuk menghasilkan teori matematika dalam bidang tertentu yang memiliki aspek kebaruan dan originalitas
  2. Mampu berpikir kritis, kreatif dan melakukan sintesa serta mengevaluasi secara kritis penelitian pada bidang tertentu dengan cara yang beretika dan bertanggung jawab.
  3. Mampu berkomunikasi efektif, serta mampu menyusun struktur argumen matematika yang koheren dan meyakinkan, dan jelas
  • Keterampilan Umum
  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan /atau teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora di bidang keahliannya, dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif;
  2. Mampu menyusun penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen pada bidang keilmuan, teknologi, seni dan inovasi yang dihasilkannya dalam bentuk disertasi, serta memublikasikan 2 tulisan pada jurnal ilmiah nasional dan internasional terindeks;
  3. Mampu memilih penelitian yang tepat guna, terkini, termaju, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, dalam rangka mengembangkan dan/atau menghasilkan penyelesaian masalah di bidang keilmuan, teknologi, seni, atau kemasyarakatan, berdasarkan hasil kajian tentang ketersediaan sumberdaya internal maupun eksternal;
  4. Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya pada sasaran yang lebih luas;
  5. Mampu menyusun argumen dan solusi keilmuan, teknologi atau seni berdasarkan pandangan kritis atas fakta, konsep, prinsip, atau teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media massa atau langsung kepada masyarakat;
  6. Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan dan pembinaa sumberdaya serta organisasi yang berada dibawah tanggungjawabnya;
  7. Mampu mengelola, termasuk menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi hasil penelitian yang berada dibawah tanggung jawabnya;
  8. Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan di dalam lingkungan sendiri atau melalui jaringan kerjasama dengan komunitas peneliti di luar lembaga.

Calon Promotor Program Doktor Matematika

Para calon promotor dapat dipilih dengan melihat kepakaran dari direktori kepakaran http://smup.unpad.ac.id/direktori-kepakaran/ atau dari link SINTA berikut:

  1. Prof. Dr. Asep K Supriatna http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=64593&view=overview
  2. Prof. Dr. Sudradjat http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6021929&view=overview
  3. Prof. Dr. Budi Nurani Ruchjana, MS. http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=5999022&view=overview
  4. Dr. Drs. Sukono, MM., M.Si  http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6034164&view=overview
  5. Dr. Endang Rusyaman, MS  http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6022807&view=overvie
  6. Dr. Nursanti Anggriani, S.Si.,M.Si.  http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=5975094&view=overview
  7. Dr. Diah Chaerani, S.Si., M.Si.  http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=257832&view=overview
  8. Dr. Ema Carnia, M.Si.  http://sinta2.ristekdikti.go.id/authors/detail?id=6003286&view=overview